KETENTUAN EKSPOR IMPOR BARANG YANG DI BAWA OLEH PENUMPANG DAN AWAK SARANA PENGANGKUT

Hari ini, Selasa 09 April 2019, bertempat di Whize Prime Hotel Sudirman Makassar, Kementerian Keuangan Republik Indonesia – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai – Kantor Wilayah Sulawesi Bagian selatan mengadakan Sharing Session bersama Biro Perjalanan dan Wisata yang ada di Makassar.

Sharing Session ini diadakan untuk mensosialisasikan dan memberikan informasi kepada pengusaha umroh/haji dan perjalanan wisata  sehubungan dengan penerapan Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 203/PMK.04/2017 tentang ketentuan ekspor dan impor barang yang dibawa  oleh penumpang dan awak sarana pengangkut yang bertujuan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat, peningkatan pengawasan atas ekspor dan impor barang  yang dibawa oleh penumpang dan awak sarana pengangkut.

Ketentuan Ekspor barang yang dibawa oleh Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut:

1. Perhiasan

2. Barang Yang akan dibawa kembali ke Indonesia

3. Uang Tunai

4. Barang Ekspor yang kena Bea keluar

Ketentuan Impor barang yang dibawa oleh penumpang dan awak sarana pengangkut

1. Barang pribadi penumpang yang nilai pabeannya tidak melebihi FOB USD 500/orang, dan untuk barang awak sarana pengangkut nilai pabeannya tidak melebihi FOB USD 50/orang.

2. Barang pribadi penumpang dewasa yang termasuk dalam barang kena cukai paling banyak : 200 batang sigaret, 25 batang cerutu, 100 gram tembakau iris, dan 1 liter minuman yang mengandung etil alkohol. Barang awak sarana pengangkut jumlah paling banyak yaitu : 40 batang sigaret, 10 batang cerutu, 40 gram tembakau iris dan 350 mililiter minuman yang mengandung etil alkohol.

Jika barang pribadi penumpang atau barang pribadi awak sarana pengangkut melebihi batas yang telah ditentukan maka Wajib di laporkan ke Petugas Bea dan Cukai.

Dilarang membawa barang Narkotika, Psikotropika dan Prekursor.

Selain informasi di atas pada Sharing Session ini petugas Bea dan Cukai kantor wilayah Sulawesi bagian selatan juga memperkenalkan “Electronik Customs Declaration (E-CD)”. Informasi untuk E-CD ini akan saya tulis di materi pos blog saya selanjutnya😉.

Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak” pemateri dari Bea dan Cukai kantor wilayah Sulawesi Selatan terkhusus Bpk. Bambang yang sangat bagus dan menguasai dalam penyampaian materi. 🙏🙏🙏

Mohon maaf jika terdapat kesalahan🙏

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close